Wednesday 7 December 2011

Mazda2 Sedan Taklukan Cipularang

Pukul 09.29 Wib perjalanan test drivemazda2 menuju ke Bandung dimulai. Mazda2 sedan tipe S berkelir merah dengan transmisi manual 5-speed menjadi pilihan kami. Bergerak dari dealer Mazda Pondok Indah, kami menuju tol lingkar luar, tol Jakarta-Cikampek dan tol Cipularang. Garis finish di dealer Mazda Bandung.


Sekitar 2,5 jam menempuh perjalanan jarak sekitar 154,3 km. Cukup lama karena kami sempat terjebak kemacetan di km 18-25 tol Cikampek.


Trek yang didominasi jalan lurus dan sedikit tanjakan panjang serta tikungan cepat pada ruas Cipularang, membuat kami berkonsentrasi pada respons mesin dan perilaku suspensi saat menikung kecepatan tinggi.


Teryata mesin pada Mazda2 Sedan yang sama dengan varian hathback, 1.498 cc 4-silinder Variable Valve Timing (VVT), memberikan kemampuan akselerasi yang baik di putaran rendah. Karakter yang sama seperti varian hatchback. Jarum spidometer cepat menyentuh angka 100 km/jam. Namun bergerak sedikit lambat ketika menuju 160 km/jam.


Pergerakan tuasnya ringan, dan ditambah juga dengan tenaha yang dibutuhkan untuk menginjak kopling, sangat membantu menringankan beban kaki kiri saat macet. oiya transmisi manual 5-speed terasa begitu responsif.