Tuesday 3 January 2012

Posisi tangan yang benar ketika menyetir

Mengemudi yang baik dan benar diperlukan perhatian khusus. Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana posisi tangan yang benar.

Posisi tangan di atas setir memang menjadi salah satu faktor yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tentu ini pun akan berujung kepada keselamatan pengendaranya.

Sebelumnya para pakar berpendapat posisi tangan yang baik pada setir mobil itu berada pada arah pukul 10 untuk tangan kiri, dan arah pukul 2 untuk tangan kanan. Namun kini para pakar pula yang silang pendapat mengenai hal tersebut. Sebab pendapat lain mengatakan posisi tangan diatas setir kendaraan yang baik itu berada pada arah pukul 9 untuk tangan kiri dan arah pukul 3 untuk tangan kanan.

Kenapa posisi 9 dan 3 ini  posisi tangan yang sempurna ketika mengemudi, karena dengan posisi ini sang pengendara dengan mudah melakukan olah kemudi pull dan push serta memudahkan pengendara untuk memutar setir kendaraan.
Ada beberapa  teknik memegang setir kemudi yang baik dan benar

1. Posisi tangan itu memudahkan untuk mengatur panel-panel yang berada dibawah setir kanan dan kiri.

2. Posisi tangan yang benar saat berkendara, tangan kiri berada di arah pukul 9 dan posisi tangan kanan berada diarah pukul 3.

3. Tidak boleh memutar setir dengan posisi menyilang dari dalam.

4. Tidak boleh memutar setir dengan satu tangan.

5. Disarankan untuk melakukan putaran dengan silang dari atas mengikuti lingkaran.

Kunjungi informasi Seputar Otomotif terkini hanya di situs CarMall.com