Sunday 8 January 2012

Cara mendeteksi Ac mobil bermasalah


Membeli mobil bekas kadang timbul kerusakan setelah mencoba beberapa waktu, dan bagaimana jika kerusakan itu pada AC mobil kita yang baru kita beli pastinya akan berpikir untuk memperbaikinya atau membiarkan sementara. Biasanya AC tak berfungsi bisa karena kelalaian pemilik dalam melakukan perawatan. Selain itu juga disebabkan oleh usia pakai komponen atau tingginya frekuensi pemakaian. Berikut ini beberapa tips seputar masalah yang muncul pada AC mobil bekas
  • Tercium bau kurang sedap : Penyebabnya, kondisi interior yang kotor dan jorok akibat kebiasaan penumpang membawa makanan. Aroma sisa makanan bisa menempel di jok, karpet. Kebiasaan merokok juga menyumbang aroma tak sedap di kabin mobil anda.
  • Freon berkurang : Kondisi ini dikarenakan ada kebocoran pada selang atau evaporator, sehingga freon terbuang percuma. Umumnya freon berkurang setelah pemakaian di atas 2 tahun. 
  • AC kurang terasa dingin : Pemicunya datang dari kompresor. Kopling magnet pada kompresor AC yang sudah aus atau sepul magnet ada yang putus bisa mengakibatkan kerja kompresor mengalirkan freon terhambat. Penyebab lain, ada kebocoran pada evaporator mengnakibatkan freon terbuang percuma. Harus ganti baru kalau dilas hanya tahan sebentar.
  • Bunyi aneh saat dihidupkan : Asal bunyi biasanya dari kompresor yang bermasalah. Biasanya bearing di dalam kompresor sudah aus atau pecah yang akan menghambat kerja kompresor dan menimbulkan suara berisik. Lainnya, datangnya dari blower. Untuk beberapa merek mobil, posisi komponen tersebut ada di laci dasbor. 
Simak informasi terlengkap seputar otomotif di situs otomotif CarMall.com