Monday 2 January 2012

Kekar demi menopang bodi

Secara keseluruhan, tubuh all new avanza dan all new xenia berkembang untuk memberikan kelegaan pada kokpitnya. Lihat saja bagasi yang kini bisa muat empat galon air mineral yang ditaruh berjajar.
Kondisi bodi yang lebih bongsor ini tentu perlu di antisipasi dengan penopang yang lebih ideal. Menilik bobotnya, memang tidak jauh beda dengan avanza lawas, malah lebih ringan 10kg. Namun secara dimensi, dinamik duo ini memang berevolusi baik dari panjang maupun lebar. Tak hanya bodi, namun juga pada jarak antara tapak rodanya. Selain itu demi kenyamanan, suspensi dapat setting lebih presisi. cermati detailnya, karena kemungkinan bisa dipakai buat upgrade Avanza dan Xenia lama:

Suspensi
Sektor suspensi dapat sentuhan lebih maksimal, ada perbedaan konstanta pegas dan damping force dari shock absorber-nya, disesuaikan dengan wheel tread dan berat mobil yang baru. Langkah sokbreaker lebih panjang ini dipadu dengan kemampuan peredamannya yang sangat berguna mengurangi gejala mental mentul. Per secara keseluruhan berbeda karena sifat progresifnya pun di ubah total. Kenyamanan dengan per baru ini pun lebih prima karena ada karet damper di bagian atas.


Wheel Tread
Kondisi kaki-kaki yang lebih kekar terkait langsung dengan posisi roda yang juga lebih keluar daripada Avanza dan Xenia lama. Hal ini berarti jarak pijak keempat roda lebih lebar uang bikin kakinya lebih kekar. Jarak pijak roda depan (wheel tread) 1.425mm dan belakang 1.435mm. keduanya lebih lebar 20mm ketimbang versi lawas. hal ini untuk mengimbangi bodi yang secara keseluruhan memiliki lebar 1.660mm. atau tambah lebar 30mm ketimbang versi lama. sementara panjang keseluruhan 4.140 mm, tambah 20mm. hanya saja, wheelbase atau jarak sumbu roda memang tidak berubah dari 2.655mm



Cari tau informasi perbedaan all new avanza xenia di artikel selanjutnya