Tuesday 29 November 2011

Pelumas Honda, Jangan Lupa Perawatan Oli Transmisi

Pemilik honda city khususnya  generasi awal banyak yang mengeluhkan kerusakan transmisi CVT nya. Kerusakan sebenernya ga bakal terjadi bila kita rajin mengganti oli matiknya setiap 20.000 km

Untuk mengurangi kerusakan, rajin-rajinlah mengganti oli transmisi matik CVT milik Honda Jazz dan Honda City i-DSI dan VTEC setiap 20rb km, biayanya sekitar Rp. 299 ribu belum termasuk pajak loh! Tak hanya itu, biaya jasa gratis lo! “Kalau bisa malah sebelum 20.000 km sudah ganti, supaya lebih awet.



Membahas seputar otomotif ada hal penting yang perlu diperhatikan kalau jam pemakaian mobil cukup tinggi. “Kalau sering telat ganti oli biasanya yang paling sering kena itu control unitnya yang mengatur pelumasan olinya,” Nah, penggantian unit ini memakan biaya sekitar Rp 4 jutaan berikut biaya pasang., mahal kan, makanya mencegah sebelum terlambat..

Ini yang lebih parah lagi bisa kena start clutch atau plat kopling bagian dalam, biaya penggantiannya sekitar Rp 8-9 jutaan.. itu belum seberapa, tapi yang paling parah kalau belt CVT-nya sampai rusak, biayanya bisa sampai Rp 30 jutaan. Malah kalau ganti satu unit transmisi matik CVT baru harganya mencapai Rp 45 juta.. nah kaget kan kalo udah sampe parah begitu, sebaiknya rajin2lah mengganti oli!