Tuesday 22 November 2011

Kaca berembun

Hujan di kala udara panas memang mengasyikan, apalagi pas kita berkendara.. suasana lebih nyaman dan tidak kepanasan kecuali bagi yang naik motor ya.. basah-basahan pastinya..! Namun keadaan ini ikut menyeret konsekuensi tertentu yang justru merugikan. Salah satunya adalah munculnya lapisan uap air di kaca mobil maupun spion.

Kehadiran embun yang muncul di seantero kaca mobil ini sangat mengganggu visibilitas. Apalagi jika titik-titik air ini hinggap di kaca selama mobil berjalan, pastinya menggangu pandangan kita berkendara kan..
Penyebab timbulnya embun di kaca ini adalah perbedaan suhu serta tingkat kelembaban yang tinggi. Misalnya uap air yang terbentuk di sekitar kaca dengan ambient temperature yang lebih panas. Nah, pada spion samping, hal tersebut bisa juga terjadi akibat penumpukan jamur pada permukaan kaca. Baru tahu kan penyebab kaca berembun..!!
Kondisi lainnya yang menyebabkan kaca ber-embun, adalah saat mobil melaju cepat di jalan tol sewaktu hujan. Suhu kaca dan interior di balik kaca tersebut menjadi lebih dingin dari temperatur luar. Empasan udara panas dari kap mesin ternyata kurang panas untuk mengusir embun. 

Untuk mengatasi kaca supaya ber-embun cari yaitu dengan mengaplikasi cairan atau semprotan antikabut (antifog) produk ini banyak dijual di toko otomotif.